Sabtu, 16 Juni 2012

pusat perbelanjaan di KOREA

Namdaemun Market
Namdaemun, inilah satu-satunya pasar di Korea yang paling sering saya kunjungi. Selain memang di sini pusatnya oleh-oleh pernak-pernik tradisional ala Korea, lokasinya juga strategis banget. Lokasinya sangat dekat dengan jantung kota Seoul (City Hall). Menggunakan MRT (subway train) line 1, kita bisa pilih turun di stasiun Seoul City Hall atau Seoul Station. Yang paling dekat sih turun di Seoul Station, ambil Exit Gate 6 dan tinggal jalan beberapa menit. Kalau pilih turun di stasiun Seoul City Hall sih memang jalan lebih jauh, tapi positifnya bisa sekalian jalan di salah satu jalanan utama kota Seoul. Sering juga di taman di depan Seoul City Hall itu ada event-event tertentu.
Di Namdaemun banyak ditawarkan barang-barang mulai dari baju, tas, alat masak hingga ginseng Korea yang terkenal. Di sini juga pusatnya pernak-pernik tradisional khas Korea yang bisa dijadikan oleh-oleh. Barang-barang seperti gantungan kunci, gantungan hp, boneka, hiasan dinding, dsb mudah ditemui di sini. Menurut saya sih daya tarik di sini karena pernak-pernik tsb dijual dengan harga yang relatif lebih murah daripada di tempat lain. Tentunya masih perlu ditawar yah! ;) Oh ya, jangan lupa juga untuk bawa hape, atau kalkulator kalau perlu, supaya nego harga bisa berjalan dengan baik tak terkendala bahasa. :D
Namdaemun Market
Lagi rebutan baju obralan di Namdaemun
Salah satu sudut kios-kios di Namdaemun
Pernak-pernik tradisional ala Korea - Namdaemun
Sedikit tips, meskipun nggak selalu, tapi rata-rata harga pernak-pernik tradisional lebih murah yang dijual di kios-kios yang ada di dalam gedung daripada yang dijual di kios-kios di pinggir jalan. Nah, kios-kios yang ada di dalam gedung itu kalau hari Minggu tutup, jadi lebih enak kalau ada rencana ke Namdaemun datanglah SELAIN hari Minggu. :)
Oh ya, di Namdaemun ini juga terdapat pasar kamera. Kalau dilihat sekilas sih yang ada di sini didominan kamera dan aksesoris kamera-kamera SLR. Itu bisa dilihat dari isi etalase yang ada terlihat di sepanjang jalan.
Pasar Kamera di Namdaemun

Insadong Market
Di Insadong ini tipe barang yang ditawarkan sebagian besar mirip dengan pernak-pernik tradisional di Namdaemun. Hiasan dinding, gantungan hp, boneka-boneka tradisional, dsb. Yang membedakan adalah tata lokasinya. Di Insadong ini tidak seperti pasar-pasar pada umumnya, tapi berupa sebuah jalan yang cukup panjang dengan toko-toko di kanan kirinya. Dibandingkan dengan Namdaemun market, Insadong jelas lebih “berbau” pariwisata.
Dengan lokasi yang lebih rapi, teratur dan bersih dibandingkan Namdaemun, harga-harga barang yang sama di sini relatif lebih mahal. Tapi, kenapa direkomendasikan? Karena di Insadong ini terdapat beberapa barang yang mungkin tidak bisa ditemui di Namdaemun, tentunya yang kualitasnya biasanya lebih bagus. Contoh paling gampang sih biasanya kaos-kaos bersablon timbul yang harganya sekitar 10ribu Korea Won per buah. Pengalaman saya sih, kaos-kaos seperti itu jarang ditemui di Namdaemun.
Lokasinya cukup nyaman buat sekadar jalan-jalan, di sini juga banyak yang menjajakan makanan-makanan jajan pasar ala Korea. Eh iya, ada juga beberapa penjual Dondurma alias Turkish Ice Cream. Siap-siap aja dikerjain! :D Biasanya sih yang lebih iseng dan lihai ngerjain itu yang penjualnya masih asli orang Turki, at least mukanya tipikal muka TimTeng lah. :D *no sara*
Untuk menuju ke Insadong, kita bisa menggunakan Subway line 1, dan berhenti di stasiun Jongno 3-ga (dibaca Jongno sam ga).
Suasana jalanan di Insadong
Suasana jalanan di Insadong
Salah satu kios oleh-oleh di Insadong
National Souvenir Center - Insadong

Dongdaemun Market
Buat yang doyan hunting pakaian dan aksesorisnya, sepertinya Dongdaemun gak boleh terlewatkan. Kenapa? Karena di Dongdaemun ini isinya baju, baju, baju dan baju! :)) Gak melulu baju sih, tapi juga aksesoris-aksesoris pendukung penampilan semacam sepatu, celana, jaket, tutup kepala hingga peralatan kosmetik ini itu. Memang di Dongdaemun ini semacam satu komplek pasar besar yang terdiri dari beberapa pusat perbelanjaan.
Kalau masalah harga sih menurut saya sangat bervariatif, tapi memang kadang kala harga-nya bisa sangat murah untuk sekelas pakaian yang ditawarkan. Oh ya, para penjual di sini akan mengatakan “it’s made in Korea, not China!” kalau mereka tidak setuju dengan harga yang kita tawar. Memang sejauh pengalaman sih produk-produk Korea itu kualitasnya (lebih) bagus, meskipun murah.
Fashion Town - Dongdaemun
Pasar baju di Dongdaemun
Pasar kosmetik di jalanan - Dongdaemun
Pyounghwa Clothing Market - Dongdaemun
Ada satu mall bernama Doota Mall, yaitu high-class fashion shopping mall. Nah, kalau di sini ini harga pakaiannya dibanding yang kelas bener-bener pasar ya bagaikan langit dan bumi, bedaaa jauh! :D  Di dalam Doota Mall ini, ada satu ruangan khusus, yaitu Women’s Powder Room – aseli penasaran dalemnya kaya apaan!! :))
Women's Powder Room - jangan heran kalau ada ruangan ini di dalem 
mall :D

Untuk akses ke Dongdaemun bisa menggunakan subway line 1 dan berhenti di stasiun bernama Dongdaemun itu sendiri. OK, happy shopping!! :)

1 komentar:

  1. Insadong bakal jadi agenda rencana gw kalo ke Korea, katanya disana juga barang yang dijual murah2 ya, dan bisa ditawar juga?.sis kalo suka wisata Korea mending gw saranin gabung aja di Fanpage : Korea Tourism Organization Indonesia biar kamu bisa nambah pengetahuan seputar wisata Korea ^^

    BalasHapus